Cara Cek Resi Grab Express Sameday Shopee
Tutorial

Cara Cek Resi Grab Express Sameday via Aplikasi dan Shopee

Kamu tak perlu risau dan cemas ketika memesan paket dari E-Commerce atau merchant tertentu melalui pengiriman Grab Express. Karena kamu dapat memantau lokasi mitra pengantaran atau kurir saat paket mulai diantarkan ke alamat Anda. Simak cara cek resi Grab Express berikut ini.

Apa itu Grab Express?

Grab Express adalah layanan kurir atau jasa pengiriman secara kilat milik perusahaan Grab. Sementara itu, Grab Express Instant dan Same Day merupakan fitur layanan yang kini banyak digunakan oleh para penggemar belanja online. 

Layanan Kirim Barang Grab Express Sameday
Layanan Kirim Barang Grab Express Sameday

Dengan adanya Grab Express, Grab kini tidak hanya menyediakan layanan pemesanan transportasi antar jemput online saja. Layanan ini juga bisa ditemukan di berbagai marketplace atau merchant seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, atau juga bisa melalui aplikasi Grab secara langsung. 

Grab Express sendiri memiliki dua waktu pengantaran diantaranya yaitu Same Day dan Instant. Secara definisi, perbedaan keduanya terletak pada waktu dan jarak yang dibutuhkan dalam pengiriman barang, serta biaya yang ditarifkan. Pada layanan Grab Express Instant, paket atau barang yang dipesan dapat sampai ke pengguna dalam waktu maksimal 2 jam di hari yang sama dengan waktu pemesanan. 

Dimensi Maksimum Barang Yang Dikirim Via Grab Express
Dimensi Maksimum Barang Yang Dikirim Via Grab Express

Sedangkan pada layanan Grab Express Same Day, penerima bisa mendapatkan paketnya dalam waktu maksimal 6 jam di hari itu juga ketika pengirim selesai mengatur pengirimannya. Namun, penting untuk diketahui bahwa kedua layanan tersebut hanya berlaku untuk pengiriman paket yang dilakukan sebelum jam 16.00 WIB.

Cara Cek Resi Grab Express

Ketika proses pengiriman berlangsung, pengguna bisa langsung mengecek resi Grab Express untuk melihat posisi posisi paket yang dibawa oleh kurir. Untuk mengecek resi Grab Express ini, pengguna bisa langsung melacaknya melalui aplikasi Grab. 

Bila pengguna membeli atau mengirim barang menggunakan Grab Express melalui merchant atau marketplace lain, maka pengguna bisa menyesuaikan dengan opsi pada masing-masing marketplace atau merchant tersebut. Berikut cara cek resi Grab Express Instant dan Same Day:

#1. Cara Cek Express melalui Aplikasi Grab

Cara Lacak Posisi Paket Realtime Di Grab Same Day Service
Cara Lacak Posisi Paket Realtime Di Grab Same Day Service
  • Apabila transaksi pembelian sudah selesai dilakukan, barang akan diambil oleh driver Grab Express, kemudian setelahnya pengguna akan menerima notifikasi di aplikasi Grab yang berisi link untuk melacak status pengiriman secara real time.
  • Untuk melihat posisi paket terkini, kamu dapat langsung membuka link tersebut dan dapatkan informasi mulai dari driver tiba di lokasi penjemputan paket, sampai paket tiba di alamat tujuan.
  • Selain itu, pengirim paket juga dapat meneruskan atau membagikan link tersebut secara manual ke penerima yang dituju dengan menggunakan fitur Bagikan yang berada di bagian informasi pengantaran.
  • Terakhir, pilih platform yang ingin kamu gunakan untuk berbagi link tracking Grab Express seperti WhatsApp, Line, Direct Instagram, dan lain sebagainya.

#2. Cara Cek Resi Grab Express Instant di Shopee

  • Langkah pertama yaitu buka aplikasi Shopee
  • Buka menu Saya, kemudian klik sub menu Dikirim
  • Klik pada bagian pesanan yang telah dipilih menggunakan jasa kirim Grab Express Instant
  • Lalu, klik Rincian Pesanan
  • Pada bagian tampilan, klik menu Lacak yang terletak di sebelah kanan atas untuk mengetahui nomor resi.
  • Salin atau copy link resi Grab Express tersebut
  • Buka browser yang biasa kamu gunakan pada smartphone-mu, lalu tempel atau paste link tersebut.
  • Tunggu sampai proses selesai maka tampilan akan berubah menjadi perjalanan paket dari pengirim menuju penerima.

#3. Cara Melacak Grab Express Tanpa Resi Atau Nomor Pelacakan

Bagi kamu yang melakukan pembelian secara online namun tanpa menggunakan nomor pelacakan atau resi tidak perlu bingung dan risau. Kamu dapat membuka rekaman bukti transaksi untuk melacak status pengiriman paket melalui layanan Grab Express. 

Sementara untuk pengiriman paket langsung dengan menggunakan Grab Express, kamu dapat mencermati cetakan bukti pengiriman untuk menemukan nomor pelacakan. Cara terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu buka rekaman atau riwayat transaksi mengenai pengiriman melalui Grab Express di aplikasi Grab pada telepon genggammu.

Itulah tadi cara cek resi Grab Express yang sangat mudah dari tim Stiead.ac.id. Untuk mengecek status kiriman kiriman ekspedisi lainnya, kamu bisa menggunakan situs cek resi berikut ini. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.