Cara Nada Dering WA Suara Sendiri tanpa Aplikasi

Cara Nada Dering WA Suara Sendiri tanpa Aplikasi

Cara Nada Dering Wa Suara Sendiri
Cara Nada Dering Wa Suara Sendiri

Cara nada dering Wa suara sendiri – Jika anda merasa bosan dengan notifikasi Whatsapp yang nada deringnya cenderung itu saja? maka sudah saatnya untuk beralih dan memilih menggunakan suara sendiri lalu sedikit di modifikasi.

Ada beberapa cara buat notif Wa suara sendiri yang bisa kamu lakukan melalui berbagai aplikasi yang ada di internet. Dengan suara buatan sendiri maka tidak mungkin orang yang mendengarkan akan kaget atau bahkan tertawa. Lebih lanjut simak terus artikel ini.

Cara Buat Notif WA Suara Sendiri Via Aplikasi

Untuk memberikan efek kaget atau tawa maka anda perlu bantuan dari beberapa platform yang ada di internet. Untuk hasilnya tidak perlu dipertanyakan lagi dan pastinya akan berbeda dari nada dering yang cenderung membosankan itu.

Dalam buat notif Wa suara sendiri tentu kamu perlu merekam terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi. Untuk aplikasinya kamu tidak perlu khawatir karena kualitasnya memuaskan dan suaranya jernih.

Berikut Cara Buat Notif WA Suara Sendiri Via Aplikasi

Jіkа kamu tеrtаrіk dan tіdаk ѕаbаr untuk menggunakan, bеrіkut bеbеrара daftar арlіkаѕі уаng bіѕа digunakan untuk mеrеkаm ѕuаrа:

#1 Easy Voice Rесоrdеr

Dаlаm mеrеkаm ѕuаrа, kаmu bisa mеmаnfааtkаn арlіkаѕі Eаѕу Vоісе Recorder yang bisa dіunduh di Google Plау atau App Stоrе. Kelebihan dаrі aplikasi tersebut уаng populer adalah kuаlіtаѕ ѕuаrаnуа уаng jеrnіh dan mеmuаѕkаn раrа реnggunаnуа.

Dalam proses rekaman nantinya suara yang akan dihasilkan berformat PCM, WAVE dan yang lainnya. Jadi kualitas suara yang dihasilkan dari aplikasi ini tergolong tinggi sehingga bisa digunakan untuk notifikasi Whatsapp.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan, berikut beberapa langkah untuk mulai merekam suara di aplikasi Easy Voice Recorder:

Cara Pakai Voice Recorder Di Hp Android Dengan Gratis
Cara Pakai Voice Recorder Di Hp Android Dengan Gratis
  • Kamu bisa mulai mengunduh aplikasi di Google Play dengan cara klik disini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.coffeebeanventures.easyvoicerecorder
  • Setelah itu, kamu bisa langsung instal dan buka aplikasi di smartphone.
  • Pada logo mikrofon yang ada di bagian tengah, kamu bisa tekan untuk memulai rekaman suara.
  • Ketika suara tersebut sudah jadi, kamu bisa memilih tiga titik di pojok kanan atau pilih pengaturan
  • Pada menu tersebut, kamu bisa mengubah format ke PCM agar mendapatkan versi gratis.
  • Untuk hasil maksimal, kamu bisa klik penyampelan dan ubahlah ke 48 KHz.

Dalam melakukan proses rekaman disarankan jarak antara kamu dengan smartphone adalah 30 centimeter. Dengan jarak tersebut, suara yang keluar dari smartphone ini akan cukup jernih dan hasilnya akan lebih maksimal lagi.

Untuk memasukkan ke smartphone, kamu bisa share terlebih dahulu file audio di atas di Google Drive. Selanjutnya kamu bisa download suaranya agar bisa langsung tersimpan di smartphone dan bisa digunakan untuk nada dering.

#2 Smart Voice Recorder

Bagi kamu yang ingin melakukan perekam suara sendiri bisa mencoba menggunakan aplikasi Smart Voice Recorder. Umumnya aplikasi tersebut sering digunakan untuk merekam suara seseorang ketika wawancara dan hasilnya cukup memuaskan.

Kelebihan dari Smart Voice adalah kemampuannya dalam merekam mulai dari 8 hingga 44 KHz. Untuk menggunakannya cukup mudah, berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan:

Voice Recorder Gratis Untuk Hp Android
Voice Recorder Gratis Untuk Hp Android
  • Kamu bisa mengunduh terlebih dahulu di Google Play dengan klik disini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andrwq.recorder
  • Setelah diunduh, kamu bisa langsung menginstal dan bukalah aplikasinya.
  • Untuk memulai, kamu bisa mengklik tombol merah yang ada di bagian tengah aplikasi.
  • Ketika proses rekam sudah selesai kamu bisa menekam kembali tombol merah tersebut.
  • Untuk melihat hasilnya, kamu bisa klik finish yang ada di pojok kiri bawah.
  • Maka akan muncul keterangan untuk memberi nama file tersebut dan terakhir klik OK
  • Pada tiga titik di file audio, kamu bisa klik share ke Google Drive.
  • Pada akun tersebut, kamu bisa klik lalu unduh dan otomatis tersimpan di smartphone.

Untuk aplikasi tersebut memang cukup berbeda dengan yang lainnya dan kamu tidak perlu melakukan pengaturan. Sebab sekali melakukan rekaman maka pengaturan terbaik sudah disematkan di aplikasi itu.

#3 Rekam Suara Sendiri tanpa aplikasi

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk merekam suara sendiri sebagai nada dering wa dan mengunduhnya dalam format mp3 adalah dengan menggunakan situs. Salah satu situs online yang menyediakan layanan ini adalah online-voice-recorder.com.

Bisa Rekam Suara Sendiri Untuk Jadi Nada Dering Mp3 Tanpa Aplikasi
Bisa Rekam Suara Sendiri Untuk Jadi Nada Dering Mp3 Tanpa Aplikasi

Kamu cukup mengakses situs tersebut, klik tombol rekam yang berwarna merah, lalu silakan rekam dan kamu bisa langsung mendownload hasil rekaman dalam format mp3. Mudah sekali bukan?

Lihat juga: Cara Buat Nada Dering Botika untuk WA

Tips Merekam Suara Sendiri

Dalam melakukan perekaman dengan aplikasi tentunya tidak mudah dan perlu cara-cara tertentu. Tujuannya adalah agar hasil yang didapatkan tidak mengecewakan dan berikut tips-tipsnya:

1. Jaraknya Dekat

Usahakan dalam proses merekam suara, jarak antara mulut dengan smartphone tidak terlalu jauh. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menempelkan atau ada jarak 10 centimeter agar suaranya bisa terdengar dengan baik.

2. Menggunakan Suara Keras

Pada saat merekam suara, disarankan untuk mengeraskan suara meskipun tidak perlu berteriak di depan smartphone. Dengan demikian maka aplikasi bisa memproses suara dan ketika dijadikan notifikasi hasilnya akan maksimal.

Cara Mengganti Notifikasi Pesan di Whatsapp

Setelah proses pembuatan rekaman suara sendiri selesai, kamu bisa menggunakan untuk notifikasi pesan atau chat di WA. Untuk proses pergantiannya sangatlah mudah dan berikut beberapa langkahnya:

Menu Titik Tiga Untuk Ganti Nada Dering Lewat Pengaturan Wa
Menu Titik Tiga Untuk Ganti Nada Dering Lewat Pengaturan Wa
  • Buka aplikasi WhatsApp di smartphone dan kamu bisa mengupdate ke versi terbaru terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, kamu bisa mulai menglik tiga titik di pojok kanan atas lalu pilih setelan.
  • Kemudian kamu bisa masuk ke menu notifikasi lalu pilih pesan.
  • Pada bagian tersebut, kamu bisa memilih nada dering dan klik pilih dari file.
  • Jika tidak ada, kamu bisa menambahkan terlebih dahulu mp3 rekaman sendiri lewat pengaturan android seperti gambar berikut ini:
Cara Pasang Nada Dering Dari Suara Mp3 Buatan Sendiri
Cara Pasang Nada Dering Dari Suara Mp3 Buatan Sendiri
  • Jika sudah berhasil ditambahkan, silakan kembali ke pengaturan WhatsApp dan buka setelan Notifikasi lalu pilih Nada Notifikasi.
  • Terakhir kamu bisa memilih audio yang sebelumnya sudah dibuat itu.

Jadi itulah beberapa cara buat notif WA suara sendiri tanpa harus install aplikasi ataupun dengan aplikasi Google Play sesuai tutorial dari Stiead.ac.id diatas. Dalam proses rekaman ini disarankan untuk tidak terlalu jauh antara smartphone dengan mulut saat mengucapakn sesuatu di aplikasi. Sekian dan terimakasih.

Join the discussion

STIEAD University

Tempat belajar semua orang tanpa memandang usia dan status sosial. Mendukung kemajuan sumber daya manusia unggul lewat ilmu pengetahuan yang mduah untuk diakses siapa saja.