Cara Translate Inggris Indonesia Terbaru Dengan Teknologi Ai
Tutorial

Cara Translate Inggris-Indonesia Terbaru dengan Teknologi Berbasis AI

Apakah kamu tergolong pada orang yang ingin belajar bahasa asing tanpa menggunakan kamus? Jika iya maka di zaman sekarang ini rasanya sudah bukan era kamus namun lebih banyak menggunakan aplikasi.

Banyak sekali aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk belajar bahasa asing dan salah satunya tools Google Translate. Aplikasi ini bisa dikatakan kamus berjalan karena lengkapnya berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Dengan aplikasi ini kamu juga tidak perlu lagi membawa kamus ketika pergi kemana-mana. Namun cukup instal aplikasi dan memahami berbagai fitur-fitur yang ada di dalamnya agar lebih maksimal saat digunakan.

Fitur Google Translate Inggris-Indonesia

Sebagai situs terbesar di dunia, Google banyak sekali membuat produk digital dan diantaranya adalah Google Translate. Produk satu ini memang dikhususkan bagi mereka yang ingin menerjemahkan seluruh bahasa di dunia.

Meski banyak aplikasi penerjemah namun Google Translate lebih banyak dipilih karena memilih fitur yang cukup lengkap. Bagi kamu yang belum mengetahui, berikut beberapa fitur berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang disematkan pada aplikasi buatan Google tersebut.

#1. Speak To Translate

Fitur Speak To Translate
Fitur Speak To Translate

Sesuai dengan namanya fitur speak to translate ini dapat dimanfaatkan untuk memasukkan teks tanpa mengetik. Jadi kamu tinggal berbicara saja di aplikasi tersebut maka nantinya sistem akan menerjemahkan dalam bentuk teks.

Karena bentuknya suara maka saat mengucapkan harus jelas intonasi dan pengucapannya. Maka dari itu saat proses perekaman, kamu perlu bersuara keras agar mudah dibaca oleh sistem dari Google.

Selain fitur tersebut, Google juga memfasilitasi dengan adanya memasukkan suara hasil percakapan. Jadi suara yang dalam bentuk file bahasa asing itu bisa kamu unggah dan nantinya bisa diubah ke bahasa Indonesia atau yang lainnya.

#2. Kamera Translation

Selain dari suara, kamu juga bisa menerjemahkan sesuatu dengan memanfaatkan kamera Google. Jadi kamu tidak perlu capek untuk menulis satu per satu dari dokumen atau tulisan yang ada di gambar.

Untuk cara kerjanya kamu tinggal mengarahkan icon camera pada Google ke dokumen atau gambar tersebut. Setelah itu sistem akan membaca hasil tersebut dan menjadikannya dalam bentuk teks.

Jadi gambar yang ada tulisan bahasa Inggris nantinya akan dikonversi menjadi tulisan di aplikasi tersebut. Untuk prosesnya, kamu perlu menggunakan smartphone atau tablet yang di dalamnya ada fitur kamera belakang.

Setelah berbentuk teks maka kamu bisa menerjemahkannya dalam bahasa Indonesia. Selain dari kamera Google, kamu juga bisa mengimport file gambar dari smartphone.

Jadi gambar tersebut kamu ambil dengan kamera yang ada pada smartphone. Ketika sudah berhasil, kamu bisa mengunggah ke Google Translate dan otomatis akan berubah dalam bentuk teks. 

#3. Tap To Translate

Fitur selanjutnya pada Google ini akan lebih berguna ketika kamu berkomunikasi dengan orang yang menggunakan bahasa asing. Jika kondisinya demikian tentu kamu harus mengcopy lalu menerjemahkan ke Google.

Langkah tersebut tergolong sulit dan kini dipermudah dengan adanya fitur tap to translate. Jadi kamu cukup mengaktifkan fitur ini dan ketika ada bahasa asing yang tidak dimengerti maka akan diterjemahkan di aplikasi tersebut.

Untuk proses mengaktifkannya bisa dilakukan dengan masuk pengaturan Google Translate lalu masuk ke sentuh untuk mengaktifkan dan terakhir klik aktifkan. 

#4. Offline Translate

Sesuai dengan namanya, fitur tersebut dapat dimanfaatkan ketika kamu menerjemahkan tetapi tidak memiliki paket data. Jadi kamu tinggal mengaktifkan fitur tersebut untuk tetap bisa mentranslate bahasa asing.

Untuk prosenya, kamu perlu mendownload bahasa terlebih dahulu sebelum digunakan di Google. Selanjutnya maka kamu dapat mengetikkan kata-kata tertentu untuk diterjemahkan. 

#5. Typing to Translate

Fitur lain yang juga ada di aplikasi ini adalah pengetikan manual di dalam kolom yang tersedia. Jadi kamu perlu mengetik kata-kata atau kalimat yang akan diterjemahkan di kolom sebelah kiri.

Karena melalui pengetikan maka pastikan kata-kata tersebut sesuai dengan ketentuan dan tidak boleh typo. Jika hal itu terjadi maka proses translate tidak bisa di baca dengan baik oleh sistem dari Google. 

#6. Write To Translate

Dari sekian fitur mungkin write to translate ini yang berbeda dari yang lainnya. Sebab fitur ini sebenarnya sama dengan typing to translate hanya saja proses penulisannya tidak melalui keyboard.

Hal ini dilakukan karena aksara latin ini belum tersedia di keyboard sehingga proses penulisan perlu dengan pensil. Meski ditulis manual, Google pun akan bisa menerjemahkan dan pastikan ditulis di kolom sebelah kiri.

#7. Transcribe

Fitur Transcribe Dan Text To Speech Di Google Translate
Fitur Transcribe Dan Text To Speech Di Google Translate

Fitur unggulan lainnya dari Google Translate adalah transcribe untuk beberapa bahasa asing. Jadi pada fitur tersebut, kamu bisa memanfaatkan obrolan yang dilakukan secara langsung dan akan otomatis diubah dalam bentuk teks.

Hingga saat ini fitur tersebut hanya bisa dilakukan untuk bahasa-bahasa tertentu saja. Misalnya Inggris Portugis, Jerman, Thailand, Rusia dan beberapa bahasa asing yang lainnya.

Jadi itulah beberapa fitur penting pada Google Translate yang perlu diketahui agar bisa dimanfaatkan dengan baik. Misalnya saja seperti offline translate yang kebanyakan belum diketahui banyak orang. Padahal fitur ini sangat penting khususnya bagi kamu yang tidak selalu online di smartphone.

Download Suara Google Translate Apk

Sebelum proses download dilakukan, kamu perlu mengetahui bahwa kapasitas dari aplikasi tersebut sekitar 0.6MB. Dengan ukuran tersebut tentu tidak akan memberatkan smartphone dan bisa untuk semua jenis ponsel.

Untuk aplikasi ini juga tidak hanya dikhususkan bagi pengguna ponsel tetapi bisa juga digunakan PC atau laptop menggunakan bantuan Bluestack Emulator. Jika kamu tertarik untuk menggunakan maka bisa klik link unbduh dibawah untuk mengunduh aplikasinya. 

Nama AplikasiSuara Google Translate APK
DeveloperVoiceoftext.com
Ukuran file609 KB
Versi terbaru1.2 (27 Juli 2022)
Link Download[Unduh]
APK Download suara Google Translate

Lihat juga: Suara Google di WhatsApp tanpa Aplikasi

Cara Instal Google Translate di Smartphone dan PC atau Laptop

Ketika proses download dilakukan, kamu bisa langsung menginstalnya di PC atau smartphone. Untuk proses dari kedua perangkat tersebut, kamu bisa mengikuti tutorial berikut ini:

#1. Cara Instal Menggunakan PC

  1. Langkah pertama: Kamu bisa klik link https://translate.google.com/ ini untuk mengunduh aplikasi.
  2. Langkah kedua: Tunggulah hingga proses selesai.
  3. Langkah ketiga: Kamu bisa klik dua kali pada aplikasi untuk memulai proses instalasi. 
  4. Langkah empat: Ikuti berbagi instruksinya hingga aplikasi terpasang di PC. 

#2. Cara Instal Menggunakan Smartphone

  • Langkah pertama: Klik link Google Translate di Play Store ini >>>
  • Langkah kedua: Tunggu hingga proses selesai dan simpan aplikasi di file manager.
  • Langkah ketiga: Kamu bisa masuk ke menu pengaturan lalu pilih privasi dan keamanan. 
  • Langkah keempat: Kamu bisa mencentang izinkan pemasangan dari sumber tidak dikenal.
Install Google Translate Apk Dari Sumber Tak Dikenal
Install Google Translate Apk Dari Sumber Tak Dikenal
  • Langkah kelima: Cari aplikasi lalu klik instal. 
  • Langkah keenam: Lakukan semua petunjuk yang ada dan pastikan aplikasi terpasang di smartphone. 

Kelebihan dan Kekurangan Google Translate Apk

Meski menawarkan berbagai kemudahan seperti diatas, aplikasi ini juga memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan juga. Hal seperti ini sudah wajar pada suatu aplikasi dan berikut ulasan terkait kelebihan dan kekurangannya.

#1. Kelebihan Google Translate

Untuk masalah kelebihan memang jauh lebih unggul dari aplikasi lain karena tools ini digunakan di seluruh dunia. Otomatis pilihan bahasanya pun juga sangat banyak dan hingga kini tercatat ada 109 bahasa asing di aplikasi tersebut.

Selain bahasa yang beragam, aplikasi ini juga bisa melakukan penerjemahan secara cepat. Bahkan untuk banyak teks saja aplikasi ini bisa melakukan tugas tersebut hanya dalam hitungan detik saja.

Tentu hal seperti ini harus didukung dengan adanya koneksi internet yang stabil jika memakai mode online. Namun pada mode offline juga tidak kalah cepat dan ini tentu menjadi keuntungan tersendiri untuk para penggunanya. 

#2. Kekurangan Google Translate

Disamping kelebihan yang dijelaskan diatas, aplikasi ini juga memiliki beberapa kekurangan di beberapa bagiannya. Salah satunya adalah dari segi akurasi terjemahan yang masih belum sempurna.

Bahkan beberapa hasilnya terkadang tidak nyambung antara kalimat satu dengan yang lainnya. Hal ini sering terjadi jika proses download dengan jumlah kata yang tergolong banyak dan dilakukan sekaligus.

Karena itu maka kamu perlu melakukan koreksi sedikit demi sedikit agar kalimatnya nyambung dan enak dibaca. Namun untuk proses penerjemahan dengan satu dua kata masih akurat dan bisa diandalkan. 

Secara keseluruhan aplikasi Google Translate ini perlu diunduh pada smartphone atau perangkat lain. Karena aplikasi ini bisa menjadi media untuk belajar bahasa asing sekaligus membantu menerjemahkan berbagai bahasa dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.